Apakah Beda Artikel SEO, Artikel Review, dan Artikel Rewrite?

Bagi Anda yang baru terjun di dunia blog atau tulis menulis, pasti cukup kebingungan untuk membedakan apa itu artikel SEO, artikel review dan artikel rewrite. Sebenarnya, jika dilihat dari segi definisi saja sangat berbeda. Namun lebih jelasnya lihat perbedaan masing-masing seperti berikut ini.

Perbedaan Artikel SEO Artikel Review dan Artikel Rewrite

Perbedaan Artikel SEO, Artikel Review dan Artikel Rewrite

Jika dilihat dari definisi hingga struktur dan kontennya, yang disebut artikel SEO, artikel review dan artikel rewrite berbeda. Berikut penjelasannya;

Tentang Artikel SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik atau cara untuk membuat situs di tempatkan halaman pertama di berbagai mesin pencari (search engine) seperti Google atau Bing. Pengetahuan tentang SEO sangat banyak dan luas tapi semua sama pada intinya yakni untuk meningkatkan web Anda agar muncul di halaman dan di posisi atas dari mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Jadi, artikel SEO adalah artikel yang unik mengandung unsur-unsur tertentu yang akan membuatnya terbaca atau terindex oleh mesin pencari seperti Google sehingga akan muncul di halaman pertama dan di posisi atas sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak, lebih besar lagi. Umumnya, unsur-unsur tersebut meliputi;

– Judul menggunakan kata kunci
– Meta deskripsi
– Keyword di paragraf pertama dan akhir
– Subtitle dengan Heading dalam Office Word (h1, h2, h3, h4)
– Gambar
– Link artikel dari tulisan atau halaman lain di web tersebut agar pengunjung mengklik link tersebut

Tentang Artikel Review

Artikel review (ulasan) adalah jenis teks atau tulisan yang berbicara tentang asal produk baik jasa atau layanan, keuntungan dan kerugian, bersamaan dengan detail spesifikasi produk atau layanan tersebut. Jadi, bisa berisi tentang pembahasan suatu barang atau jasa. Seperti mengulas produk kecantikan, kendaraan, bahan bangunan dan lain sebagainya.

Dalam penulisan artikel review, ada beberapa hal yang harus disertakan, yakni;
– Latar belakang produk / jasa: Poin ini berisi tentang waktu pembuatan, alasan dibuatnya produk, perusahaan atau pihak yang memproduksi, merek produk dan lain sebagainya.
– Spesifikasi produk: Poin ini berisi tentang detail produk dari segi ukuran, material, fitur, pengolahan, cara kerja dan lain sebagainya.
– Keunggulan / kelebihan: Poin ini berisi tentang keunggulan produk yang diulas / direview dibandingkan dengan produk lain yang serupa.
– Kelemahan / kekurangan: Poin ini berisi tentang kelemahan dan kekurangan produk atau layanan yang bisa menjadi pertimbangan pembaca apakah akan membeli atau tidak.
– Kesimpulan: Kesimpulan ini berisi pendapat si penulis secara pribadi apakah produk atau layanan tersebut secara keseluruhan bagus untuk dipakai atau digunakan oleh pembaca atau tidak.

Tentang Artikel Rewrite

Artikel rewrite (tulis ulang) dibuat dengan menggunakan sarana atau teknik perubahan dari hasil tulisan orang lain. Memodifikasi beberapa atau seluruh kata dengan istilah sendiri akan tetapi gagasan utama tidak ada yang berbeda atau sama. Ada juga yang mengatakan sebagai sarana menulis dengan memasukkan kutipan parsial dari sumber asli dengan hasil yang hampir sama.

Teknik rewrite ini terbilang sangat dimanfaatkan bagi mereka, penulis yang kehabisan ide-ide atau menetapkan tema untuk menulis. Rewrite ini berbeda dengan plagiat atau copy paste meskipun konsep atau ide utamanya mungkin sama, namun dengan cara penyampaian atau kalimat yang berbeda.

Dari penjelasan di atas, maka terjawab sudah jika artikel SEO, artikel rewrite dan artikel ternyata berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, teknik penulisannya juga sangat berbeda, namun ada kalanya artikel review atau artikel rewrite juga bisa dimasukkan unsur SEO begitu juga artikel review bisa berupa hasil rewrite.

Rekening Pembayaran Jasa Penulis Artikel