Apa Itu Artikel Berita?

 

Menulis artikel berita berbeda dengan menulis artikel pada umumnya. Artikel berita harus bisa dipertanggungjawabkan, berisi tentang sebuah fakta atau kejadian tertentu. Sedangkan artikel secara umum bisa tentang apa saja termasuk tentang fantasi, fiksi atau khayalan. Oleh sebab itu, dalam menulis artikel berita tidak boleh sembarangan. Harus dimulai dari mengetahui apa itu berita, kemudian menerapkan unsur-unsur berita hingga menjadi artikel berita secara utuh.

Definisi Berita dan Artikel Berita

Secara umum, berita dapat didefinisikan sebagai laporan atau informasi tentang sebuah peristiwa yang aktual dan terpercaya dan sesuai dengan fakta atau realitas. Definisi lainnya adalah informasi atau laporang dari sebuah peristiwa yang penting, baru, menarik dan layak untuk diketahui banyak orang, terpublikasi secara luas dan biasanya menggunakan media tertentu baik cetak maupun elektronik termasuk online.

Dari definisi tentang berita di atas dapat diambil kesimpulan jika artikel berita merupakan artikel yang berisi tentang sebuah peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat yang kemudian dipublikasi menggunakan media tertentu dengan tujuan agar peristiwa tersebut diketahui dan menjadi perhatian khalayak ramai. Itulah sebabnya penulisan artikel berita harus sistematis dan tidak boleh sembarangan apalagi mengandung unsur berbohong atau bahkan membodohi khalayak ramai.

Apa Itu artikel Berita

Unsur-Unsur Berita

Di dalam proses penulisan berita, seorang wartawan akan berpedoman dengan rumus atau unsur yang dikenal dengan istilah 5W 1H. 5W H1 adalah sebuah pertanyaan dimana jawabannya kemudian akan menjadi bahan pokok dari penulisan artikel berita. Ketika semua jawaban dari 5W 1H ini dirangkai dan dikembangkan, maka artikel berita sudah terbentuk. Nah, apa itu 5W 1H?

5W 1H merupakan singkatan dari 5 pertanyaan Who (Siapa), When (Kapan), What (Apa), Where (Dimana) dan Why (Kenapa) dan 1 pertanyaan How (Bagaimana). Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat berikut ini;

  • Who, maksudnya siapa saja yang terlibat di dalam peristiwa yang akan ditulis
  • What, maksudnya kejadian apa yang terjadi saat itu dan akan dituliskan
  • When, maksudnya kapan waktu terjadinya peristiwa tersebut
  • Where, maksudnya dimana peristiwa tersebut telah terjadi dan menjadi perhatian
  • Why, maksudnya sebab kenapa peristiwa itu bisa terjadi sedemikian rupa
  • How, maksudnya bagaimana kejadian tersebut berlangsung

Jawaban dari seluruh pertanyaan 5W 1H tersebut nantinya akan menjadi ide pokok dari penulisan sebuah berita. Nantinya, setiap jawaban bisa dikembangkan lagi seperti pertanyaan Who (siapa) bisa dikembangkan dengan menambahkan umur, jabatan, pengalaman, prestasi, tugas dan lain sebagainya untuk memperjelas posisi Who disini.

Nah, berdasarkan unsur-unsur berita berupa 5W 1H, Anda dapat membuat sebuah rumus yang bisa dijadikan sebagai rumus suatu penulisan berita yakni dengan urutan seperti berikut ini; WHO does WHAT, WHERE, WHEN, WHY and HOW  (SIAPA melakukan APA, DI MANA, KAPAN, MENGAPA dan BAGAIMANA). Lihat contoh di bawah ini.

Contoh berita tentang pengadaan dana untuk korban bencana gempa.

  • Who: Pemerintah daerah sebagai subjek dan korban bencana gempa sebagai objek
  • What: Pemerintah melakukan aksi pengadaan dana yang diberikan kepada korban bencana gempa
  • Where: Pengadaan dana tersebut dilakukan di berbagai kantor pemerintah daerah
  • When: Aksi peduli ini dilakukan pada hari Kamis 19 Oktober 2016 dari pukul 08.00 hingga 13.00 WIB
  • Why: Korban bencana gempa membutuhkan bantuan dana untuk keperluan sehari-hari
  • How: Aksi peduli tersebut berjalan dengan lancar dan tanpa kendala

Dari jawaban tersebut, bisa dibuat sebuah artikel berita dengan jumlah kalimat tertentu. Sekarang Anda sudah tahu apa itu artikel berita, definisinya, unsur-unsurnya serta bagaimana cara penulisan artikel berita tersebut agar dapat dipertanggungjawabkan dan ditulis sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Rekening Pembayaran Jasa Penulis Artikel